.popular-posts ul li{background:#FFF url(http://1.bp.blogspot.com/_7wsQzULWIwo/ SmodosCuJCI/AAAAAAAABh4/ZSXbVW9Qpa8/s400/261.gif) no-repeat scroll 5px 10px; list-style-type:none; margin:0 0 5px 0px; padding:5px 5px 5px 20px !important; border:1px solid #ddd; border-radius:10px; -moz-border-radius:10px; -webkit-border-radius:10px} .popular-posts ul li:hover{border:1px solid #6BB5FF} .popular-posts ul li a:hover{text-decoration:none}

Monday 6 July 2015

4 Software Untuk Mempercepat Download

4 Software Untuk Mempercepat Download
Label: Tips Internet and Download, Tutorial
Apabila Anda orang yang sering browsing di internet, untuk mendownload file-file di internet, entah itu file dokumen seperti DOC dan PDF, kemudian juga file video, audio, gambar dan banyak jenis file lainnya, yang bisa Anda download dengan bebas.
Untuk membantu aktifitas Anda mendownload di internet, maka saya akan share 4 buah software gratis yang bisa mempercepat atau mengoptimalkan download file di internet. Jika Anda kebingungan tidak bisa menggunakan Internet Download Manager (IDM), karena seperti kita ketahui IDM merupakan software berbayar.
Karena itu Anda bisa menggunakan salah satu dari 4 software yang merupakan download manager untuk mempercepat download file di internet, berikut akan saya jelaskan dibawah ini.
FlashGet
4 Software Untuk Mempercepat Download
FlashGet
FlashGet adalah sebuah download manager yang bisa Anda gunakan secara gratis, software ini dirancang untuk mendownload file di internet secara cepat, dan software Flashget juga memiliki kemampuan untuk mengolah file-file download secara teratur, download manager ini cukup stabil dalam mendownload file di internet. Jika Anda menggunakan browser Mozilla dan Internet Explorer, maka tersedia Add-On yang bisa Anda gunakan.
Kekurangan dari FlashGet yaitu tidak bisa diandalkan untuk mendownload video di youtube.
Free Download Manager (FDM)
4 Software Untuk Mempercepat Download
FDM
Software downloader gratis lainnya yaitu Free Download Manager atau disingkat dengan FDM. Free Download Manager support pada banyak browser, seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Internet Explorer, dan Safari.
Pada software Free Download Manager terdapat fitur pause dan continue download, sehingga Anda bisa menghentikan sementara proses download untuk kemudian dilanjutkan kembali. Software Downloader ini juga support untuk mendownload video flash.
Kelebihan lainnya dari Free Download Manager adalah sudah terintegrasi secara otomatis dengan browser, dan mendukung torrent download.
Sedangkan kekurangan FDM juga tidak bisa diandalkan untuk mendownload video di situs youtube.
Download Free Download Manager:
http://www.freedownloadmanager.org/download.htm
Orbit Downloader
4 Software Untuk Mempercepat Download
Orbit Downloader
Orbit Manager juga bisa Anda andalkan untuk mengoptimalkan download. Orbit Downloader memiliki fitur untuk mendownload video di situs Youtube, dan lainnya. Download Manager ini mendukung beberapa browser, seperti Internet Explorer, Firefox, Opera dan Maxthon.
Kekurangan dari orbit downloader adalah penggunaannya kurang user friendly, jika Anda pertama kali menggunakan orbit downloader, maka Anda akan menghadapi sedikit kesulitan dalam penggunaan.
GetGo Download Manager
4 Software Untuk Mempercepat Download
GetGo Downloader
GetGo Download Manager bisa Anda andalkan untuk mempercepat download, software downloader ini mendukung browser Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Dengan GetGo Download Manager, Anda juga bisa mendownload file-file video dari situs youtube dengan format FLV.
Hanya software GetGo Download Manager belum terlalu populer, sehingga kualitas download manager ini dalam mempercepat download belum begitu teruji.
Demikian saya jelaskan secara singkat 4 software gratis untuk mengoptimalkan download file di internet, masing-masing dari keempat software tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, tinggal Anda memilih software mana yang paling cocok dengan aktifitas Anda di internet.
Demikian penjelasan saya tentang software-software untuk mempercepat download, semoga ada manfaatnya.

membuat artikel yang disukai oleh Google

Cara membuat artikel yang disukai oleh Google

Nah langsung saja di sini saya ingin berbagi kepada sobat yang mungkin bertanya-tanya, “seperti apa sih artikel yang disukai google?”Di bawah ini adalah daftar hal-hal yang bisa sobat lakukan untuk membuat artikel di blog sobat lebih diskuai google atau SEO friendly dan mendapatkan peringkat yang bagus. Silakan disimak..
1. Letakan keyword pada judul artikel
Hal paling dasar yang saya rasa kebanyakan dari sobat sudah mengetahuinya, yaitu dengan meletakan keyword pada judul artikel. Usahakan untuk meletakan keyword pada bagian depan atau kata pertama pada judul.
2. Letakan keyword pada URL
Salah satu yang juga tidak kalah penting adalah dengan meletakan keyword pada URL. Untuk hal ini sobat tidak perlu terlalu pusing karena kebanyakan platform blog, URL artikel akan menyesuaikan dengan judul artikel secara otomatis.
3. Letakan keyword pada meta description
Mungkin untuk hal ini tidak akan berpengaruh banyak tapi meletakan keyword pada meta description dapat membantu meningkatkan CTR atau rasio klik-tayang blog sobat pada mesin pencari.Bagaimana cara memasang meta deskripsi? bagi sobat pengguna blogger silakan bisa dibaca postingan ini : SEO untuk Blogger
4. Letakan keyword pada 100 kata pertama dalam artikel
Jumlah kata kunci atau keyword density menurut saya tidak begitu penting, yang paling penting adalah keyword harus muncul setidaknya pada 100 kata pertama dalam artikel. Semakin awal semakin bagus.
5. Artikel lebih panjang lebih bagus
Panjang artikel sebaiknya mencapai 600 kata atau lebih banyak. Google menyukai artikel yang panjang dan diulas secara mendetail.
6. Pasang gambar yang relavan
Apapun topik artikel yang sobat bahas sebisa mungkin untuk memasang gambar yang relavan. Satu gambar saja cukup, tapi lebih dari satu lebih bagus.Hal paling penting yang tidak boleh dilupakan saat memasang gambar adalah memasang ALT Atribut.
7. Pasang video yang relavan
Bukan sebuah keharusan, tapi jika memungkinkan pasang juga video yang relavan pada artikel blog sobat agar dapat memberikan nilai tambah.
8. Gunakan bullet list atau tabel
Jika artikel sobat menampilkan daftar sesuatu maka lebih baik untuk menggunakan bullet list atau tabel ketimbang menggunakan text biasa atau gambar.
9. Pasang internal link
Memasang link ke artikel lain yang relavan di blog kita merupakan hal yang cukup penting karena dapat membantu mesin pencari dan juga pembaca menjelajahi isi blog kita.
10. Jangan lupa external link
Banyak yang berpendapat memasang link keluar hanya akan mengurangi kualitas artikel, padahal kenyatannya adalah sebaliknya. Memasang link keluar dapat memberi nilai tambah artikel di blog sobat, asal… :
  • Memasang link keluar yang relavan
  • Menggunakan atribut nofollow
  • Jangan menggunakan keyword target sebagai anchor text
  • Memasang link ke blog/situs otoritas (contoh: Wikipedia)

Disukai Google itu bagus, tapi disukai oleh pembaca adalah nomor satu

Kebanyakan blogger yang berusaha membuat artikel agar disukai oleh google melupakan tujuan utama kenapa mereka membuat artikel.
Jadi disini saya ingin mengingatkan kepada sobat bahwa disukai oleh google itu bagus, tapi yang paling utama adalah artikel sobat disukai oleh pembaca.Tulislah artikel yang benar-benar pembaca sobat butuhkan.

Kesimpulan…

Membuat artikel yang disukai oleh google boleh dibilang bukan hal yang begitu sulit. Hal selanjutnya yang bisa sobat lakukan adalah mempromosikan artikel blog sobat di media sosial atau tempat-tempat lain agar semakin banyak yang membacanya. Jadi tidak melulu mengandalkan Google.Terima kasih!
Sumber : http://sugeng.id/

Cara Riset Keyword

Memilih kata kunci atau keyword yang tepat untuk blog merupakan hal yang sangat penting. Jika sobat memilih keyword yang salah maka jangan heran jika blog sobat sepi pengunjung bagaikan kuburan.
Kalau blognya sudah sepi pengunjung nanti ujung-ujungnya jadi males ngeblog. Kalo sudah males ngeblog kemungkinan besar bakalan berhenti ngeblog.
Tapi mudah-mudahan dengan membaca postingan ini sobat nggak akan berhenti ngeblog sampai bisa mendapatkan pengunjung yang banyak.

Riset keyword itu sejenis apaan sih, Mas?

Riset keyword atau lebih tepatnya riset kata kunci merupakan salah satu bagian dalam strategiSEO atau pengoptimalan mesin pencari.
Bagi sobat yang ingin mendapatkan pengunjung dari mesin pencari maka tidak ada alasan untuk tidak melakukan riset keyword. Sobat tetap bisa mendapatkan pengujung dari mesin pencari tanpa riset keyword, tapi tidak akan maksimal.
Riset keyword pada intinya adalah mencari kata kunci yang sering diketikan oleh orang di mesin pencari sesuai dengan topik blog sobat.
Misalnya jika blog sobat membahas tentang sepakbola, maka kira-kira kata kunci apa yang sering digunakan orang untuk mencari informasi seputar sepakbola di mesin pencari.
Apakah “Jadwal Liga Inggris” atau “Klasemen Liga Inggris” atau “Goal terbaik sepanjang masa” atau yang lain-lainnya.

Mengenal jenis-jenis keyword

Sebelum sobat membaca postingan ini lebih lanjut, ada baiknya untuk lebih dulu memahami beberapa jenis-jenis keyword karena dalam dunia per-SEO-an, keyword memiliki banyak sekali jenis.
Beberapa jenis-jenis keyword tersebut adalah:
  1. Short tail keyword
  2. Long tail keyword
  3. Keyword abadi
  4. Keyword musiman
Selain keempat jenis keyword di atas sebenernya masih banyak sekali yang lain. Tapi yang paling penting untuk diketahui adalah keempat jenis di atas.
Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya:
1. Short tail keyword
Short tail keyword adalah kata kunci yang pada umumnya hanya terdiri dari satu atau dua kata saja. Misalnya :
  • Android
  • Smarphone
  • Android Murah
  • Smartphone Terbaru
  • dll.
Jenis keyword seperti ini biasanya mempunyai tingkat persaingan yang sangat tinggi. Sangat sulit untuk bisa bersaing pada keyword seperti ini kecuali sobat mempunyai ilmu SEO tingkat Dewa.
2. Long tail keyword
Long tail keyword merupakan versi panjang dari short tail keyword. Contohnya seperti ini:
  • Daftar Smarphone Android Paling Keren
  • Smartphone Android Samsung Terbaik
  • dll.
Jika sobat masih pemula maka long tail keyword jelas lebih direkomendasikan karena tingkat persaingan yang cenderung lebih rendah dan memudahkan sobat untuk menguasai posisi teratas mesin pencari.
Kekurangan dari long tail keyword adalah trafik yang didapatkan tidak sebanyak short tail keyword. Selain itu juga cukup sulit untuk menemukan long tail keyword yang benar-benar bagus.
3. Keyword abadi
Keyword abadi adalah sebuah kata kunci yang selalu digunakan orang untuk mencari informasi pada mesin pencari dan tidak akan basi ditelan zaman.
Contohnya kata kunci berikut ini:
“Cara menyembuhkan sakit kepala”
Kata kunci tersebut termasuk kata kunci abadi karena semua orang pasti mengalami yang namanya sakit kepala.
4. Keyword musiman
Keyword musiman adalah kebalikan dari keyword abadi, yaitu keyword yang bersifat musiman atau hanya populer sesaat.
Contohnya kata kunci berikut ini:
“Hasil pertandingan Real Madrid vs Juventus”
Tanpa dijelaskan saya yakin sobat tahulah perbedaan antara keyword abadi dan keyword musiman.

Cara Riset Keyword

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, gimana caranya melakukan riset keyword?
Nah di bawah ini adalah tutorial lengkap bagaimana cara melakukan riset keyword dengan memanfaatkan dua buah tools gratis bernama Ubersuggestdan juga Google Adwords: Keyword Planner.
Sebenarnya bisa saja hanya menggunakan Google AdWords: Keyword Planner, namun keyword yang dihasilkan kurang bervariasi. Oleh karena itu kita memerlukan bantuan dari Ubersuggest.
Fungsi dari Ubersuggest di sini adalah untuk menemukan keyword variasi dari keyword utama yang kita target. Tujuannya tentu saja untuk menemukan long tail keyword.
Selain Ubbersuggest masih ada beberapa tools lain yang serupa yang tidak kalah bagus, seperti:
  • http://keywordshitter.com
  • http://keywordtool.io
  • dll.
Tapi untuk tutorial kali ini saya hanya akan menggunakan Ubbersuggest saja.
Sedangkan tugas dari Google Adwords: Keyword Planner sendiri udah pasti untuk menganalisis jumlah pencarian dan juga tingkat persaingan pengiklan AdWords (cocok untuk yang ingin menghasilkan uang dari Google AdSense).
Bagaimana prosesnya? silakan disimak di bawah ini :

Langkah Pertama: Mencari short tail keyword

Hal pertama yang perlu sobat lakukan adalah mencari short tail keyword yang berhubungan dengan topik blog sobat.
Misalnya jika blog sobat membahas Teknologi, maka keywordnya bisa seperti:
  • Komputer
  • Software
  • Internet
  • Gadget
  • dll.
Fungsi dari short tail keyword ini adalah untuk dijadikan sebagai benih untuk menemukan keyword-keyword yang lain.
Caranya sobat bisa memanfaatkan tool http://ubersuggest.org.
2. Masukan kata kunci apa saja yang menurut sobat berhubungan dengan topik blog sobat.
Short tail keyword

  • Masukan kata kunci. Dalam hal ini contohnya “Android
  • Pilih bahasa. Dalam hal ini contohnya “Indonesian
  • Klik Suggest
3. Setelah itu akan muncul daftar keyword yang berkaitan dengan “Android
Cara Riset Keyword
4. Klik “Select All Keywords
Riset Kata Kunci
5. Klik “Get
Mencari Keyword
6. Copy semua keyword dan simpan di dalam file .txt
Mencari Kata Kunci
Sekarang sobat sudah mendapatkan daftar short tail keyword. Cuma masalahnya kebanyakan keyword-keyword tersebut memiliki tingkat persaingan yang tinggi karena hanya terdiri dari dua kata.
Tapi tidak perlu khawatir, silakan lanjut ke langkah kedua.

Langkah Kedua: Mencari long tail keyword

Langkah berikutnya yang perlu sobat lakukan adalah mencari long tail keyword dengan memanfaatkan short tail keyword yang sudah sobat dapatkan.
Tujuannya tentu saja untuk mencari keyword yang memiliki tingkat persaingan yang lebih rendah. Tapi jika sobat merasa mempunyai ilmu SEO tingkat dewa maka sobat bisa melewati langkah ini dan lompat ke langkah ketiga.
Untuk mencari long tail keyword sobat bisa mengulangi langkah pertama namun dengan memasukan keyword yang sudah di dapatkan sebelumnnya.
1. Pergi ke http://ubersuggest.org
2. Masukan keyword dari hasil langkah pertama
Long tail keyword
3. Setelah itu akan muncul daftar keyword yang berkaitan dengan “Android Murah
4. Klik “Select All Keywords
5. Klik “Get
6. Copy semua keyword dan simpan di dalam file .txt

Langkah Ketiga: Menganalisis Jumlah Pencarian Keyword

Langkah selanjutnya adalah menganalisis jumah pencarian di mesin pencari dari keyword-keyword yang sudah kita dapatkan dari Ubersuggest.
Hal yang paling mudah yang bisa kita lakukan adalah dengan memanfaatkan Google AdWords Keyword Planner.
Caranya:
riset keyword google
  1. Klik “Get traffic forecasts for a list of keywords
  2. Upload file keyword yang sudah sobat simpan sebelumnya
  3. Klik “Get forecasts”
2. Klik “Download
Cari Keyword
3. Pilih format file .CSV dan klik Download
Download Keyword
4. Buka file CSV yang sudah didownload setelah itu silakan bisa dipilih-pilih mana kata kunci yang paling bagus berdasarkan jumlah pencarian yang sobat inginkan.
Perlu diketahui bahwa data-data yang ditampilkan dari Google Keywords Planner tidaklah 100% akurat.Jika di situ tertulis jumlah pencarian perbulan 1000, maka bukan jaminan blog sobat akan mendapatkan 1000 visitor perbulan jika berada di posisi 1 Google. Bisa lebih banyak dan juga bisa lebih sedikit.

Langkah Keempat: Menganalisis tingkat persaingan

Hal yang tidak kalah penting tentunya menganalisis tingkat persaingan di mesin pencari google sesusai dengan tingkat kemampuan SEO yang kita miliki. Untuk yang satu ini kita bisa melakukannya secara manual.
Mas, di Google AdWords Keyword Planner kan ada data tingkat persaingan juga, kenapa nggak pake itu aja?
Data tingkat persaingan yang ada di Google AdWords Keyword Planner adalah persaingan pengiklan di AdWords bukan persaingan di mesin pencari Google.
Untuk cara menganalisis tingkat persaingan sobat bisa memanfaatkan Extensi browser seperti SEOQuake atau MozBar.
Caranya cukup aktifkan Extensi tersebut pada borwser sobat setelah itu masukan keyword pada pencarian Google :
Persaingan Keyword
Di atas adalah screenshot contoh hasil pencarian dari keyword “Android Murah
Nah sobat bisa menilai tingkat persaingan berdasarkan dari Pagerank, Rangking Alexa, Index, dll. dari web-web yang tampil di halaman utama.
Saya bingung mas cara menentukan keyword yang persaingannya tidak terlalu sulit, gimana ya?
Beberapa tips yang bisa saya berikan adalah :
  • Jangan pilih keyword yang dikuasi oleh web-web otoriatas, contohnya: Wikipedia
  • Jangan pilih keyword yang dikuasi oleh web-web dengan pagerank di atas 5
  • Jangan pilih keyword yang dikuasi oleh web-web dengan page authority dan domain authority di atas 50 (gunakan Extensi MozBar)
  • dan lain sebagainya
Sumber : http://sugeng.id/

7 Teknik SEO untuk Meningkatkan Traffic Blog dari Search Engine

Ada beberapa teknik SEO favorit saya yang hanya membutuhkan waktu 1 jam per hari tapi bisa langsung menaikkan traffic dan peringkat di search engine.
Dan kali ini saya akan mengajarkan tekniknya untuk pembaca Mas Sugeng Blog.
Bukan hanya 1 atau 2…
…tapi 7.
Ketika anda sudah mengaplikasikan teknik-teknik mudah ini, dijamin, anda tidak akan lagi kembali ke teknik-teknik lama yang kadaluarsa dan buang-buang waktu.
Beberapa dari anda pasti sekarang berpikir, wah pasti teknik black hat nih…bahaya.
Jangan khawatir.
Ketujuhnya merupakan teknik white hat SEO yang 100% aman tapi sangat ampuh.
Bahkan untuk anda yang tidak percaya, saya akan lampirkan beberapa hasil penelitian dan studi kasus yang sudah dilakukan oleh praktisi SEO dunia.
Ada baiknya anda memahami dasar-dasarnya terlebih dahulu karena artikel ini menggunakan beberapa istilah SEO. Baca panduan belajar SEO untuk pemula.
Untuk pengguna blogspot, pastikan juga SEO website anda sudah maksimum.
Tanpa panjang lebar, mari kita langsung mulai.

Teknik #1 – Ubah teks di website orang lain jadi backlink

Saya rasa semua praktisi SEO sekarang ini sepakat bahwa backlink merupakan salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi peringkat kita.
Masalahnya ini:
Beberapa jenis backlink seperti komentar blog, social bookmark, guest book, direktori, dan sejenisnya tidak lagi memberikan pengaruh yang besar.
Karena itu perhatikan pernyataan berikut.
“Backlink terbaik dan yang seharusnya anda bangun adalah yang berasal dari website yang memiliki reputasi bagus, masih aktif, dan atas ijin dari pemiliknya”.
Jadi, kitalah yang harus minta.
Tapi memangnya ada pemilik blog yang mau memberi backlink untuk kita?
Ada.
Tanpa sadar, sebenarnya ada blogger lain yang sudah “siap” memberikan kita backlink dalam konten mereka. Hanya saja belum dalam bentuk link.
Contohnya salah satu blogger ini:
Text jadi Link

Awalnya link tersebut hanya berupa teks, tapi kemudian pemiliknya saya hubungi dan minta untuk ubah jadi link yang bisa di-klik.
Teknik ini berkali-kali lipat lebih efektif daripada sekedar meminta pada sembarang orang.
Ini cara mencarinya:
Pertama, buka Google dan lakukan pencarian dengan kata kunci “namawebsite” -site:namawebsite.com.
Akan muncul daftar website yang menyebutkan nama website anda dengan tidak memunculkan alamat website anda sendiri.
Selanjutnya telusuri hingga halaman-halaman berikutnya.
Kadang di halaman 10 ke atas pun masih bisa anda temukan website seperti contoh di atas.
Supaya lebih praktis, masukkan kata kunci tadi ke Google Alerts supaya hasilnya langsung dikirimkan via email setiap kali muncul yang baru.

Teknik #2 – Perpanjang artikel menjadi 2500 kata

Dulu, di awal terjun di dunia blogging saya terpengaruh ucapan orang yang bilang kalau artikel 300 atau 500 kata saja sudah bagus.
Tapi ternyata mereka (dan saya) salah.
Jumlah kata tadi memang sudah cukup kalau website kita menyediakan konten berita atau konten lain yang non artikel. Untuk konten artikel, masih sangat-sangat kurang.
serpIQ melakukan penelitian untuk mengetahui panjang rata-rata artikel yang muncul di halaman pertama Google.
Berikut ini hasilnya:
Rata-Rata Panjang Artikel
Rata-rata artikel yang muncul di peringkat 1-3 adalah 2500 kata.
Logikanya begini,
Artikel yang panjang biasanya informasinya banyak. Semakin banyak informasinya, maka pembaca makin puas.
Artikel yang membuat pembacanya puas akan mendapatkan lebih banyak share dan tentunya backlink.
Tapi sebenarnya 2500 kata ini sudah digabung dengan teks-teks lain selain artikel, misalnya teks di header, sidebar, bahkan di komentar.
Oleh karena itu artikel sepanjang 1500 kata juga sudah cukup bagus.
Meskipun demikian, tetap melelahkan juga terutama kalau anda punya banyak artikel di website. Untuk mengakali ini, anda bisa mengedit artikel-artikel yang terpopuler saja dan abaikan yang tidak terlalu populer.
Perhatikan juga cara anda memanjangkan artikel.
Artikel yang bagus memang biasanya panjang dan mendalam. Tapi tidak semua artikel yang panjang itu bagus.
Kadang ada juga orang yang dengan sengaja menambahkan kata-kata sekedar basa-basi untuk mencapai jumlah kata tertentu. Jangan lakukan ini.
Cara memanjangkan artikel yang benar adalah dengan menambah bobotnya.
Misalnya anda punya artikel “5 teknik SEO untuk blog”. Daripada menambahkan kalimat-kalimat di setiap poinnya, lebih baik tambahkan dari 5 teknik menjadi 10.
Dengan demikian jumlah kata di artikel tersebut juga mestinya bertambah hampir 2 kali lipat.

Teknik #3 – Ubah judul konten supaya mengundang klik

Pada Juli 2014 lalu, Rand Fishkin dari Moz melakukan berbagai percobaan terkait SEO. Salah satunya adalah volume klik dari hasil pencarian dalam kata kunci tertentu.
Kesimpulan dari penelitian tadi cukup menarik.
Sebuah website yang mendapat banyak klik dari hasil pencarian, peringkatnya naik dari nomor 10 ke nomor 1.
Dalam 2 setengah jam!
Artinya, kalau persentase klik ke website anda lebih tinggi daripada ke website lain maka peringkat website anda akan naik melebihi mereka.
Jadi kalau kita bisa melakukan rekayasa terhadap website kita di hasil pencarian supaya orang-orang lebih tertarik untuk melakukan klik, maka kita bisa dengan segera meningkatkan rangkingnya.
Untuk itu mari kita lihat tampilan website di hasil pencarian Google.
evotemplates
Apa yang kira-kira membuat seseorang memilih salah satu website dari sembilan yang lain?
Judulnya.
Karena merupakan yang ukurannya paling besar dan paling menarik perhatian. Maka kalau kita optimasi akan sangat menentukan
Meskipun tidak drastis seperti penelitian dari Rand, tapi peringkat anda juga akan naik apabila judulnya dioptimasi.
Beberapa tips untuk mengoptimasi judul:
  1. Buat sedetail mungkin
  2. Jelaskan manfaat yang didapatkan setelah membaca artikel
  3. Gunakan angka
  4. Gunakan kalimat tanya
Tidak keempatnya harus anda gunakan.

Teknik #4 – Tambahkan LSI untuk meningkatkan relevansi dan variasi keyword

Sudah pernah dengar LSI, Latent Semantic Indexing?
Semua search engine modern memanfaatkan sistem LSI untuk bisa memahami arti dari suatu kata dalam artikel. Caranya dengan membaca kata-kata yang mengelilinginya.
Kita juga bisa memanfaatkan sistem LSI ini dalam 2 hal:
  • Meningkatkan relevansi artikel terhadap kata kunci. Semakin relevan maka peringkat akan semakin baik.
  • Menambah kemungkinan artikel untuk ter-rangking dalam kata kunci LSI lain.
Tempat termudah untuk menemukan keyword LSI adalah di hasil pencarian Google sendiri.
Seperti gambar berikut:
LSI keyword
Selain di hasil pencarian, anda juga bisa menemukan yang lainnya di Google Keyword Planner.
Langkah selanjutnya, edit artikel anda dan tambahkan kata-kata yang dicetak tebal.
Tempatkan di bagian awal artikel, di tengah, di akhir, atau dimanapun yang masuk akal.
Tapi ingat, musuh utama dari pembuat konten dalam SEO adalah optimasi yang berlebihan. Jadi jangan lakukan pengulangan kata berkali-kali dalam artikel anda.
Yang lebih penting lagi, pastikan setiap kalimatnya terbaca secara alami dan tidak dibuat-buat hanya untuk menampung keyword.

Teknik #5 – Buat aset yang bisa mengundang backlink untuk konten

Teknik nomor 5 ini luar biasa, karena itu saya sangat-sangat menyarankan anda untuk mempunyai aset di setiap konten yang sudah dan akan anda buat kedepannya.
Tapi sebelum membahas aset, ada yang perlu anda ketahui dulu.
Di teknik nomor 1 tadi saya membahas beberapa jenis backlink yang manfaatnya hampir tidak berguna lagi, dan yang sebaliknya.
Backlink terbaik didapatkan dari website lain… atas kemauan mereka sendiri.
Tapi apa yang membuat mereka mau memberikan backlink untuk anda?
Ada 2 alasan seseorang memberikan backlink:
  1. Anda punya konten unggulan yang luar biasa
  2. Anda punya aset dalam konten
Dari tadi saya bicara aset, apa sih aset itu?
Praktisi SEO internasional sering biasanya menyebutkan linkable assets, artinya aset yang bisa membuat website kita diberikan backlink.
Aset bisa berupa:
  1. PDF (ebook, checklist, workbook)
  2. Foto original yang menarik
  3. Grafik, tabel, dan visualisasi data lainnya
  4. Infografis
  5. Video, audio
  6. Badge
  7. Template
Mari bandingkan 2 artikel berikut.
Artikel A hanya berisi huruf dan kata tanpa aset.
Artikel B punya visualisasi data berupa grafik yang bisa dijadikan sebagai bahan rujukan untuk artikel-artikel milik orang lain.
Kira-kira mana yang akan mendapatkan backlink?
Yap.. artikel B.
Sekarang beberapa dari anda pasti berpikir, “susah amat sih mesti bikin aset?”. Jangan khawatir, membuat aset hanya memakan waktu dalam hitungan menit.
Grafik misalnya, bisa dibuat dengan mudah menggunakan Microsoft Excel atau Google Sheets.
Data yang anda butuhkan untuk grafik bisa didapatkan dari pencarian Google atau buat survey online sendiri menggunakan PollDaddy.
Yang lebih mudah lagi, PDF.
Copy semua teks dalam artikel terbaik di website anda, kemudian paste ke Google Docs. Lalu ikuti gambar berikut untuk download versi PDF-nya.
Terakhir, sajikan PDF ini di website anda.
Inilah cara membuat aset dalam kurang dari 3 menit.

Teknik #6 – Dapatkan traffic dan link ekstra dari situs komunitas

SEO dulu dan sekarang berbeda.
Dulu prosesnya begini:
Kita membuat website > melakukan optimasi SEO > mendapatkan peringkat bagus > barulah mendapatkan banyak pengunjung.
Sedangkan sekarang:
Kita membuat website > membuat konten unggulan > melakukan sosialisasi ke situs komunitas > mendapatkan banyak pengunjung > barulah peringkat di Google bagus dan pengunjung makin banyak.
Jadi kita yang harus keluar untuk memperkenalkan diri ke komunitas.
Memang masih bisa membuat website yang sukses tanpa sosialisasi, tapi prosesnya akan jadi sangat lama.
Setahun, dua tahun, bahkan lebih.
Padahal sebuah website baru dalam satu bulan pun sekarang sudah bisa jadi populer.
“Tapi mas…”, kata sebagian dari pembaca, “…saya tiap hari sudah spam ke Twitter dan Facebook, kok belum juga rame ya?”.
Serius, beberapa orang pernah tanya pertanyaan tadi ke saya.
Dengan teknik apapun, yang namanya spam itu pasti akibatnya tidak bagus.
Kalau anda mengelola sebuah komunitas lalu ada yang setiap hari posting link-link yang tidak nyambung dengan topik utama, apa yang anda lakukan? Apa yang akan orang-orang lakukan?
Marah-marah, lalu delete.
Hal yang sama akan terjadi kepada anda juga.
Ini langkah-langkah yang benar:
Pertama, cari situs yang tepat.
Anda bisa mencari situs forum dari Google dengan kata kunci: “topik” + forum. Atau bisa juga cari grup di Facebook dengan topik tertentu.
Jangan buang waktu di situs yang tidak berhubungan.
Kedua, setiap kali ada yang mengajukan pertanyaan usahakan untuk menjawab secara lengkap dan ramah. Harus ramah.
Lakukan ini selama 3 hari sampai 1 minggu, sebagian besar anggota komunitas akan mengenal anda.
Setelah itu barulah anda boleh posting link menuju website anda. Tapi ingat, kontennya harus berkualitas dan berhubungan dengan topik komunitas.
Dengan pendekatan yang tepat, anda tidak akan dibenci lagi setiap kali menaruh link.

Teknik #7 – Lakukan promosi silang dengan blogger lain yang topiknya mirip

Kalau anda sering aktif di Twitter dan Instagram pasti pernah dengar istilah follow for follow, retweet for retweet, like for like.
Promosi silang seperti ini memang sangat ampuh bagi pengguna social media untuk mendapatkan banyak follower dan like sekaligus.
Tapi kenapa tidak ada link for link bagi pemilik website?
Tunggu dulu, jangan salah sangka.
Dulu kita kenal istilah tukeran link yang marak di antara blogger, jadi blogger A akan memasang link blogger B di blognya apabila blogger B balik memasang link blogger A di blognya.
Biasanya di sidebar, atau di halaman khusus tempat menampung link.
Tapi tukeran link sudah dilarang oleh Google dan beresiko.
Promosi silang yang saya maksud di sini bukan tukeran link.
Tukeran link itu berbahaya, tapi promosi silang tidak berbahaya. Meskipun sama-sama dalam bentuk link.
Langkah-langkahnya sebagai berikut:
Temukan 1 atau 2 blogger lain yang memiliki blog dalam topik yang sama dengan anda. Sebaiknya progres blog anda dengan mereka tidak berbeda jauh.
Ajak mereka sebagai partner anda.
Buat 1 artikel baru atau edit artikel lama, tambahkan link menuju salah satu konten dari partner anda yang topiknya sama dengan artikel tersebut.
Perhatikan topiknya harus sama atau mirip.
Jangan pasang link ke artikel lain yang tidak ada hubungannya. Kuncinya, kalau pembaca jadi bingung dengan link anda, berarti salah.
Selanjutnya ajak partner anda melakukan hal yang sama tetapi di konten lain.
Dengan promosi silang ini, semua pihak akan diuntungkan.
Karena link yang anda pasang berhubungan dengan konten anda, maka anda sama sekali tidak akan mendapatkan masalah dari Google. Dan karena anda mendapatkan link dari konten yang berhubungan, maka secara SEO tentunya bagus.
Pembaca pun akan terbantu karena mendapatkan bacaan yang berhubungan.
Selain link, anda juga bisa melakukan promosi silang untuk akun jejaring sosial kalau memang anda dan partner sama-sama punya.
Sumber : http://sugeng.id/